E-Commerce
Pengertian
E-Commerce
Secara sederhana E-commere dapat
diartikan sebagai konsep penerapan E-bussines sebagai strategi jual-beli barang
dan jasa melalui jaringan elektronik dan biasanya melibatkan transaksi data
elektronik, sistem manajemen inventory otomatis dan sistem pengumpulan data
otomatis. Hal ini disebabkan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi
baik dalam segi efisiensi serta keamanannya, sehinnga memunculkan ide-ide
gagasan untuk menjadikan teknologi informasi itu sebagai media untuk melakukan
pemasaran, promosi, bahkan transakasi data yang dianggap bisa lebih effisien
dan mempermudah transaksi jual-beli.
SEJARAH SINGKAT
PERKEMBANGAN E-COMMERCE
Kemunculan E-commerce pertama
kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik
dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman website. Menurut
Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2
milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu,
pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan
akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
KEUNTUNGAN E-COMMERCE
Berikut adalah beberapa keunggulan e-commerce :
1.
tidak mengenal adanya batasan tempat karena transaksi bisa
terjadi walaupun konsumen dan penjual berada di tempat yangberlainan
2.
mengefisiensikan waktu karena tidak mengenal batasan atau setiap
transaksi e-commerce bisa dilakukan selama 24 jam.
3.
Lebih sedikitnya pegawai yang dibutuhkan untuk melakukan
transaksi sehingga dapat mengikis anggaran pengeluaran perusahaan penjual.
KELEMAHAN
E-COMMERCE
Berkut merupakan kekurangan dari
penerapan e-commerce :
1.
sering terjadinya penipuan seperti fiktif credit card, atau
terkadang penipuan penjual terhadap pelanggan karena hukum yang
mengatur tentang e-commerce masih belum terlalu berkembang.
2.
Konsumen tidak dapat melihat langsung kondisi barang yang akan
dibeli
3.
Mempersempit lapangan pekerjaan karena industri e-commerce tidak
membutuhkan banyak pegawai untuk melayani transaksi.
APLIKASI PENDUKUNG
E-COMMERCE
1. E-mail dan Messaging
2. Content Management Systems
3. Dokumen, spreadsheet, database
4. Akunting dan sistem keuangan
5. Informasi pengiriman dan pemesanan
6. Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
7. Sistem pembayaran domestik dan internasional
8. Newsgroup
9. On-line Shopping
10. Conferencing
11. Online Banking
Tidak ada komentar:
Posting Komentar